PRODUKSI GULA MERAH DAN CARA MEMBUATNYA


PRODUKSI GULA MERAH 




Gula merah sebenarnya adalah hasil dari produksi pohon aren yang mana produksi tersebut dilakukan dari berbagai proses. Bila dilihat dari proses awalnya, pohon aren 
bukan hanya bisa menghasilkan gula merah saja melainkan pohon aren ini bisa di produksi kedalam berbagai hasil. Salah satu hasil yang didapat dari pohon aren yakni buah kolang kaling yang mana di ambil dari buah aren serta kerajinan tangan yang menggunakan bahan baku dari daun aren tersebut.

tanaman aren mempunyai beberapa kriteria yang mana bisa menghasilkan dengan hasil terbaik, kriteria yang bagus dalam menghasilkan gula merah yakni dengan usia yang relaif masih produktif antara 8-10 tahun. Jika dilakukan panen pada setiap phon aren tersebut maka setiap pohon aren bisa menghasilkan sekitar 16-17 liter dimana setiap 10 liter bisa diproduksi 1-2kg gula aren atau gula merah. Bukan hanya sebagai penghasil gula merah saja, aren juga bisa menghasilkan bioethanol, yang mana biasa juga disebut kebanyakan dari orang sebagai bahan bakar.

PROSES PEMBUATAN GULA MERAH

Proses pembuatan gula merah sebenarnya bisa dikatakan menggunakan cara yang sederhana yang mana proses pembuatannya sudah dilakukan dari turun temurun semenjak dulu sampai sekarang bagi mereka yang memproduksi gula merah tersebut. Pembuatannya dilakukan dengan memanaskan hasil air aren tersebut kedalam wadah yang telah disediakan. 

Pemanasan air aren ini biasanya memerlukan waktu yang cukup lama yakni menunggu air aren tersebut menjadi sangat kental, bila air aren yang sudah dipanaskan tersebut sudah menjadi kental maka akan dilakukan kedalam tahap berikutnya yakni dengan menuangkan hasil tersebut kedalam cetakan yang sudah dipilih sebelumnya sehingga bisa menyerupai wadah yang telah disediakan. Setelah melalui berbagai proses maka barulah akan terbentuk atau menghasilkan gula merah yang diinginkan. 

Perlu diingat dan diketahui, jika ingin menghasilkan gula merah yang berkualitas baik dan bagus, maka harus memilih air aren yang baik yang mana yang sudah dilakukan penyaringan serta dilakukan dengan memasak air aren tersebut dengan tahap yang benar. Tahap yang dimaksud disini misalnya menggunakan suhu panas yang kuat, wadah yang bersih serta bahan menggunakan bahan pengawet yang sudah teruji kualitas dan keamanannya. 










Post a Comment

2 Comments

  1. Lanjutan Event BIG MATCH BOLAVITA 2019 masih bersambung di bulan ini yaitu Mei 2019. Berikut ini daftar pertandingan pertandingan yang masuk dalam Event Promo BIG MATCH yang BOLAVITA anggap sah dan dapat Anda ikuti promo ini.

    📍 Liga Eropa :
    10/5/19 : Valencia vs Arsenal
    📍 Liga Jerman :
    11/5/19 : RasenBallsport Leipzip vs FC Bayern Munchen
    📍 Liga Inggris :
    12/5/19 : Liverpool vs Wolverhampton Wanderers
    📍 Liga Spanyol :
    18/5/19 : Eibar vs Barcelona
    📍 Liga Italia :
    13/5/19 : AS Roma vs Juventus
    19/5/19 : Juventus vs Atalanta
    20/5/19 : Napoli vs Inter Milan
    26/5/19 : SPAL vs AC Milan
    📍 Final Liga Champions :
    02/6/19 : Liverpool vs Ajax

    Agen BOLAVITA menyediakan promo yaitu BONUS KEMENANGAN TAMBAHAN 20% untuk Anda yang memasang taruhan pertandingan BIG MATCH yang sudah di tentukan oleh Agen BOLAVITA di pertandingan besar.

    Dukung tim jagoan Anda bersama kami di http://159.89.197.59/ !!

    Maksimal bonus yang akan diberikan sebesar Rp 1.000.000,-

    Daftar, main dan dukung tim jagoan Anda sekarang juga untuk mendapatkan Bonus Kemenangan Big Match dari BOLAVITA.

    Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
    BBM : BOLAVITA / D8C363CA
    Whatsapp : +62812-2222-995
    Livechat 24 Jam

    ReplyDelete