Pengenalana tentang c#

Bahasa ini pertama kali hadir di PDC orlanda sebagai salah satu official language untuk faramework Microsoft tebaru NET. Banyak pihak pengembangan yang tidak heran akan kehadiran bahasa terbaru C#. hal ini sebenarnya sudah terdengar dari kasak-kusuk pihak Microsoft yang mengembangkan bahasa dengan codename “cool” dan mungkin C# adalah wujut dari “cool”.

Pada bulan September tahun 2000, C# di satdarisasi sebagai sebuah bahasa pemograman standar oleh badan standarrisasi ECMA. Hal ini makan tercamtum dalam standar ECMA-334,yang di dalam nya juga ,meyatakan tujuan bahasa C# yakni sebuah bahasa pemograman yang, sederhana,modern generar, purpose,dan berorientasi objek.

Dari sepesifikasi bahasa C# yang ditilis oleh Andre Hejlsbreng dan Scott Wiltamuth, tersirat bahwa C# adalah bahasa pemograman yang hadir untuk menyembatani pengembang aplikasi yang handal, sederhana ,dah tentu mempunyai pemogerman yg memadai.

Terlepas dari amsusi dari beberapa pihak. C# dapat di katakana sebagai pengembang bercabang dari bahasa C++. Sama seperti C++ yang berasal dari rumpun bahasa C. kita tau bahwa C maupun C++ adalah bahasa yang powerful dan berperan sebagai bahasa pemograman yang bersifat umum mulai dari UNIX, hingga windows mulai dari desktop hingga Mobile.

C# adalah dua bahasa modern yang hadir dengan konsep OOP dan mengesampingkan konsep sulit seperti pointer, multiple inherintance, dan juga alokasi sumber daya. Hal ini dilakukan dengan menghadirkan suatu framework khusus di atas system operasi yang pada C# lingkungan eksekusip aplikasi ini di kenal dengan NET CRL (runtime environment pada java ). Di dalam NET CLR ini berlangsung eksekusi pengelolaan sumber daya, higga penangana error secara otomatis.

C# hadi memiliki tujuan yang hampir sama seperti saat  C++ muncul. C++ hadir untuk menerapkan pengembangan peragkat lunak. Berorentasi ojek tampa mengabaika keterampilan progemer sebelumnya pada C. walupun pada keyataannya C++ tidaklah se-OOP bahasa Eiffel, tetapi sebagai besar fitur C++ berbaris konsep OOP. Stelah ditelaah lebih lanjut, teryata beberapa fitur yang tidak OOP pada C++ di maksutkan untuk menjaga kompatabilitasnya dengan bahasa C# hadir untuk menerpakan pengembang perangkat lunak berorientasi OOP tanpa  mengabaikana infestasi terdahhulu pada C++, C,maupun COM.


Walupun bersifat generik, pada desai dan tujuannya C# juga dikenal sebagai bahasa yang “component centric” artinya objek objek bahasa C# di kembanga dari sekumpulan komponen, dan setiap akirnya juga berdasarkan objek dari komponen tersebut. Sehiga di arapkan pengembang koponen pada C# menjadi lebih mudah.

Post a Comment

0 Comments